News
&
Knowledge

Get the latest news about MPM Insurance and Knowledge about general insurance in Indonesia
Read More

Sudahkan Kamu Memilih Asuransi Mobil yang Tepat ?

12 Apr 2017

Mobil merupakan aset yang sangat berharga. Harga belinya yang tergolong mahal dan fungsinya sebagai alat transportasi utama membuat Anda memiliki prioritas tersendiri untuk merawat dan melindunginya. Apalagi kondisi jalan raya yang tidak bisa ditebak, mungkin saja ada kejadian-kejadian yang akan membuat kendaraanmu mengalami kerusakan selama berada di jalan raya. 

Salah satu bentuk perlindungan yang bisa kamu terapkan pada mobil kesayangan adalah dengan membeli produk asuransi mobil. Saat ini ada puluhan perusahaan asuransi mobil di Indonesia dengan beragam harga dan layanan.

Bagaimana memilih produk asuransi yang baik ? berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan:


1. Perhatikan kebutuhan kendaraanmu

Lihat kondisi kendaraan yang kamu miliki. Lebih cocok memakai asuransi comprehensive (all risk) atau total lost only. Jika mobilmu tergolong mobil mewah atau memiliki harga spare part yang mahal, sebaiknya kamu memilih asuransi all risk karena jenis asuransi ini akan mengganti setiap kerusakan yang terjadi pada mobilmu.


2. Perhatikan kondisi lingkungan sekitar

Kamu pasti tahu dengan kondisi keadaan di sekitar lingkunganmu. Jika di lingkunganmu pernah terjadi bencana alam atau sering terjadi tawuran sebaiknya kamu memilih asuransi comprevensive dibandingkan total lost only.


3. Cek kredibilitas perusahaan asuransi

Kunjungi website perusahaan asuransi, lihat kredibiliastnya dengan menilai kinerja keuangan, penghargaan yang diperoleh, atau review dari beberapa pelanggan yang telah terlebih dahulu membeli produk asuransi serupa.


4. Jumlah bengkel rekanan

Jumlah bengkel rekanan yang banyak akan mempermudah proses klaim asuransi. Kuantitas yang banyak akan memudahkanmu menemukan lokasi bengkel yang dekat dengan tempat tinggal atau kantor.


5. Layanan yang dimiliki perusahaan asuransi

Pilihlah perusahaan yang menyediakan layanan asuransi terlengkap, misalnya hot line 24 jam atau derek kendaraan. Ini akan memudahkanmu melakukan proses klaim ketika terjadi kerusakan di malam hari.


6. Sesuaikan kemampuan keuanganmu dengan nilai premi

Perhatikan nilai premi yang ditawarkan oleh perusahaan. Jangan sampai nilai premi yang ditawarkan memberatkan keuanganmu. Saat ini pada umumnya perusahaan banyak yang menerapkan nilai premi pada batas bawah yang telah ditetapkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).


Pilihlah dengan cermat asuransi bagi mobil kesayanganmu, jika kamu ingin menggali lebih dalam mengenai asuransi mobil yang tepat, coba klik disini, semoga kamu menemukan jawaban yang lebih baik.