Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet yang Tepat Agar Disetujui

meta icon

Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet yang Tepat Agar Disetujui

Memahami cara klaim asuransi mobil lecet cukup penting saat mobil Anda mengalami kerusakan ringan di mana hal ini erat kaitannya dengan asuransi mobil.

Bagaimana cara klaim asuransi mobil lecet? Artikel kali ini akan membahas cara melakukan klaim tersebut secara terperinci. Pelajari juga hubungan jenis asuransi ketika kendaraan Anda lecet, Yuk cari tahu lebih lanjut.

5 Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet

Banyak orang yang khawatir atau ragu melakukan klaim asuransi saat mobil mereka lecet. Sebagai klaim adjuster asuransi mobil, saya merasa memang prosesnya cukup panjang tapi tidak seribet itu. Dari pada harus menanggung kerugian lecet sendiri, lebih baik pertimbangkan melakukan klaim.

Asal syarat-syarat terpenuhi dan terdapat dokumentasi jelas, maka proses pengajuan klaim bisa berjalan lancar: Agar lebih jelasnya, simak langkah-langkah berikut untuk mengklaim asuransi ketika kendaraan Anda lecet:

1. Persiapkan Dokumen Klaim Mobil Lecet Secara Lengkap

Kegunaan kelengkapan dokumen ini adalah supaya klaim asuransi bisa diverifikasi. Berikut beberapa syarat dokumen yang perlu Anda siapkan:

  • Surat keterangan lecet mobil karena kecelakaan dari Kepolisian
  • Fotokopi KTP, polis asuransi, STNK dan SIM

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Loh 10 Manfaat Kalo Kamu Punya Asuransi Mobil

Semua dokumen tersebut dibutuhkan untuk memastikan berbagai aspek. Mulai dari identitas pemilik, validnya aktivitas mengemudi, perlindungan asuransi, serta bukti kepemilikan. Sebelum Anda berangkat melakukan klaim, pastikan seluruh dokumen tersebut siap.

Jika baret mobil dikarenakan kecelakaan pihak ketiga, Anda akan perlu dokumen lainnya. Dokumen pihak ketiga ini menjelaskan mereka bersedia andil untuk proses klaim dan sebagai bukti peristiwa. Perusahaan asuransi akan melakukan upaya bantuan prosedur maupun administrasi untuk hal tersebut biasanya.

2. Foto bukti lecet kendaraan Anda

Bukan hanya syarat dokumen saja, bukti visual juga penting untuk melancarkan klaim. Pastikan kualitas fotonya jelas atau tidak buram, ambil juga melalui berbagai sisi agar lebih pasti. Sebelumnya sudah dibahas seputar laporan kepolisian, Anda bisa sertakan foto ini pada laporan tersebut untuk bukti lebih kuat.

Jika peristiwa terjadi saat malam hari atau saat minim cahaya, pastikan Anda gunakan penerangan seperti flash kamera. Pastikan foto fokus pada lokasi lecetnya baik foto dari dekat maupun dari jauh.

Baca Juga: Mau Tau Simulasi Premi Asuransi Mobil yang Cocok Buat Kamu?, Yuk Hitung Preminya

3. Lapor ke Perusahaan Asuransi

Lekas melapor adalah cara klaim asuransi mobil lecet yang sangat disarankan. Beberapa asuransi mungkin menetapkan batas waktu pelaporan tertentu misal 3-5 hari setelah peristiwa. Sampaikan kebutuhan Anda yaitu klaim terhadap lecet kendaraan.

Perusahaan asuransi biasanya menyediakan beberapa akses kontak. Anda bisa pilih antara email, sosial media atau nomor HP. Tapi Anda bisa juga datang langsung ke lokasi. Laporan awal penting bagi perusahaan asuransi supaya permintaan klaim bisa ditangani.

4. Prosedur di Kantor Perusahaan Asuransi

Agar klaim Anda bisa diterima, Anda perlu mendapatkan formulir tertentu terlebih dahulu. Formulir tersebut harus diisi lengkap dan sesuai fakta sebenarnya. Pastikan informasi kronologi tertera rinci dan jelas. Agar tim adjuster bisa mudah paham, pastikan cerita kronologinya secara urut dari awal hingga terjadinya lecet.

Setelah mengurus formulir, selanjutnya Anda akan menyampaikan klaim secara lisan dengan petugas di sana. Prosedur wawancara seperti ini diperlukan untuk memastikan kembali verifikasi klaim Anda. Jadi, jelaskan kronologi kejadiannya sesuai yang tertera di formulir.

Baca Juga: Awas Boncos! Segini Ternyata Biaya Turun Mesin Mobil

Klarifikasi hanya tertuju ke bagian-bagian utama tertentu sehingga tidak akan memakan waktu terlalu lama. Setelah prosedur di kantor asuransi sudah selesai, selanjutnya Anda perlu menunggu keputusan saja.

5. Proses Perbaikan Kendaraan

Perbaikan kendaraan Anda yang lecet umumnya melalui bengkel mitra. Jadi, tidak semua bengkel bisa Anda datangi untuk memperbaiki lecet mobil. Pelajari ketentuan klaim terkait bengkel pilihan dan datangi bengkel tersebut.

Jika klaim belum disetujui, hindari mendatangi bengkel. Pihak bengkel nantinya akan mengecek terlebih dahulu kepastian klaim. Pihak asuransi biasanya menggunakan SPK untuk memastikan proses perbaikan kendaraan yang disetujui klaim asuransinya.

Lebih dari itu, cara klaim asuransi mobil lecet yang penting lainnya adalah teliti dengan ketentuan polis asuransi. Dengan begitu, proses-proses di atas bisa berjalan lancar.

Mobil Lecet, Dicover Asuransi All Risk atau TLO?

Asuransi bisa dibedakan menjadi All Risk dan TLO. Mengingat kondisi kali ini adalah baret atau lecet yang termasuk kerusakan ringan, biasanya tipe All Risk yang diterapkan. Lalu apa cakupan asuransi All Risk tersebut?

Asuransi ini mencakup segala macam kerusakan, yang besar maupun yang kecil. Maka dari itu, mobil yang lecet termasuk cakupan juga. Berbeda dengan asuransi Total Loss Only atau TLO yang tanggungan kerusakannya cenderung lebih parah.

Umumnya kerusakan yang ditanggung harus 75 persen lebih nilai kendaraan. Dengan kata lain kerusakan ringan seperti lecet tidak termasuk cakupan asuransi tersebut. Meski prosesnya cukup panjang dan butuh banyak hal, asuransi mobil bisa menjadi penolong saat kendaraan Anda mengalami masalah.

FAQ

Apa saja syarat klaim asuransi mobil?

Anda perlu siapkan fotokopi STNK, KTP, SIM dan dokumen polis asuransi terkait. Siapkan juga laporan kepolisian terutama kalau kasusnya kecelakaan.

Apa saja yang di-cover asuransi mobil?

Asuransi mobil akan menjamin ganti rugi kerusakan karena kebakaran, pencurian, benturan, kecelakaan dan sebagainya. Pastikan Anda teliti melihat apa saja yang tercakup pada polis asuransi.

Apa itu Total Loss?

Total Loss Only merupakan asuransi yang mencakup tanggungan atas kerusakan sebanyak 75 persen lebih. Untuk kasus mobil lecet, asuransi TLO ini tidak ideal karena lecet merupakan kerusakan kecil atau ringan.

Berapa lama proses perbaikan mobil di asuransi?

Salah satu cara klaim asuransi mobil lecet adalah mendatangi bengkel rekanan perusahaan asuransi terkait. Tergantung tingkat kerusakan dan kinerja bengkel mitra, biasanya perbaikan mobil butuh waktu 3-5 hari terkait klaim asuransi.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo