Mengenal Asuransi TPL & Manfaatnya

meta icon

Mengenal Asuransi TPL & Manfaatnya

Jika terbukti bersalah secara hukum dan peraturan lalu lintas, Anda tentu harus menghadapi tuntutan hukum hingga ganti rugi kepada pihak korban sebagai pihak ketiga. Lantas, bagaimana mempersiapkan perlindungan risiko tersebut? Produk asuransi TPL jawabannya!

Memahami Asuransi TPL

Dalam banyak kejadian kecelakaan, kerugian tidak hanya dapat timbul dari kendaraan dan diri Anda sendiri, namun juga seringkali terjadi pada kendaraan dan orang lain alias pihak ketiga. Seturut pengalaman saya, kerugian yang dialami oleh korban pihak ketiga umumnya diberikan secara sukarela oleh pelaku sesuai dengan kesepakatan dengan korban.

Meski demikian, saat ini pemerintah tengah gencar mempersiapkan mekanisme asuransi third party liabiliy alias TPL. Asuransi pihak ketiga ini akan diwajibkan untuk semua kendaraan bermotor sehingga Anda sebagai pemilik kendaraan wajib memiliki asuransi mobil atau asuransi motor.

Asuransi ini akan memberikan perlindungan terhadap tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga. Hal ini sebagaimana yang terdapat dalam amanat Undang-undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU PPSK) yang diteken pada Januari 2023 lalu.

Dengan demikian, menjawab pertanyaan mengenai apa itu TPL dapat disimpulkan jika TPL merupakan asuransi yang menanggung risiko tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga jika kendaraan tersebut menyebabkan kerugian pada orang lain.

Apabila pemilik kendaraan mengalami kecelakaan, nantinya Anda tidak perlu lagi repot menyiapkan uang ganti rugi kepada korban. Pasalnya, sudah ada asuransi TPL yang akan meng-cover kejadian kerusakan dan kerugian akibat kecelakaan tersebut.

Kapan TPL Diberlakukan?

Mengacu pada UU PPSK yang ditetapkan pada bulan Januari 2023 lalu, kebijakan asuransi TPL hanya tinggal menunggu waktu. Pasalnya, UU tersebut mengamanatkan pemberlakuan aturan 2 tahun setelah penetapan yang artinya akan berlaku per Januari 2025 mendatang.

Kendati demikian saat ini pemerintah melalui OJK beserta Kementerian Keuangan dan Badan Kebijakan Fiskal sedang menyusun peraturan pemerintah terkait asuransi pihak ketiga bagi kendaraan bermotor sebagai payung hukum.

Baca Juga: Masih Ragu Beli Asuransi Mobil? Ini Loh 10 Manfaatnya

Peraturan ini akan menjawab lebih detail mengenai apa itu asuransi TPL dan mekanisme premi. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi merasa bingung jika aturan asuransi ini sudah dilaksanakan dan Anda diharuskan untuk menjalankan asuransi TPL tersebut.

Terlebih, pembelian kendaraan bermotor secara kredit bahkan sudah disertai dengan kewajiban asuransi tersebut. Nantinya, asuransi ini akan fokus pada tanggung jawab pihak ketiga atas kerusakan properti yang ditimbulkan apabila terjadi kecelakaan kendaraan bermotor.

Manfaat Asuransi TPL

Wacana pemberlakuan asuransi pihak ketiga ini menuai pro dan kontra, namun pada dasarnya terdapat sejumlah manfaat yang bisa diperoleh saat Anda mengikuti asuransi tersebut. Adapun manfaat yang diperoleh dari asuransi tersebut mencakup penggantian terhadap dua hal, yakni:

1. Cedera hingga kematian yang dialami oleh pihak ketiga

Salah satu manfaat penting dari asuransi TPL yaitu memastikan perlindungan terhadap korban yang mengalami kecelakaan. Perlindungan ini merujuk pada risiko luka atau cedera hingga kematian yang dialami siapa pun yang ada dalam kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan.

Sebagai contoh, sebuah mobil terlibat kecelakaan lalu lintas dengan mobil lain yang berpenumpang dua orang. Dua orang dalam mobil tersebut mengalami luka, baik ringan dan parah. Dengan TPL, biaya pengobatan atas kedua korban akan ditanggung pihak asuransi.

2. Penggantian kerusakan atas aset pihak ketiga

Penggantian kerusakan juga dapat ditanggung dalam asuransi pihak ketiga tersebut. Adapun hal ini dapat dilakukan bahkan jika penggantian tersebut untuk hal-hal di luar aset sebagai pemegang polis asuransi.

Melalui mekanisme ini, perusahaan asuransi akan membayar biaya kerugian atas kerusakan sesuai kesepakatan pada polis pemegang asuransi. Dengan demikian, apabila dalam kecelakaan tersebut melibatkan kendaraan lain, pihak asuransi-lah yang akan menanggung biaya perbaikan kendaraan dari pihak ketiga tersebut.

Butuh Informasi Seputar Asuransi Kendaraan Bermotor?

Dapatkan promo premi asuransi kendaraan terjangkau sekarang juga!

Apakah Asuransi TPL Dapat Dibatalkan?

Menilik manfaat asuransi TPL yang cukup baik, sejatinya tidak masalah jika Anda turut serta pro dengan kebijakan tersebut. Namun, penting untuk melihat kembali peraturan yang akan diberlakukan guna memastikan bagaimana mekanisme klaim maupun pembayaran premi.

Termasuk di antaranya adalah apakah mungkin asuransi tersebut dibatalkan. Sampai saat ini, aturan resmi mengenai asuransi pihak ketiga tersebut masih belum diterbitkan. Namun ada baiknya Anda mempersiapkan diri apabila terjadi kemungkinan penolakan pengajuan klaim.

Beberapa hal yang mungkin saja membatalkan manfaat TPL seperti kendaraan yang diasuransikan sedang dipakai oleh orang yang tidak memiliki SIM atau kesalahan Anda yang melakukan pelanggaran lalu lintas hingga menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Berapa Biaya Servis Turun Mesin Mobil? Yuk Cek Disini

Risiko lain seperti terorisme, bencana alam, perang dan hal-hal lain di luar kendali Anda bisa saja menjadi pengecualian dalam mendapatkan manfaat asuransi pihak ketiga tersebut. Oleh karenanya, sangat penting memahami isi aturan dan polis produk asuransi untuk menghindari kekecewaan saat pengajuan klaim.

Guna memastikan penerapan asuransi TPL pada kendaraan Anda, menghubungi pihak asuransi wajib menjadi solusi. MPMInsurance menjadi penyedia asuransi mobil terbaik bagi untuk segala jenis kerusakan. Segera hubungi kami untuk info lebih lanjut!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu asuransi TPL?

TPL merupakan asuransi yang menanggung risiko ganti rugi dari pihak ketiga jika kendaraan yang mengalami kecelakaan menyebabkan kerugian pada orang lain.

2. Apa manfaat asuransi TPL?

Terdapat dua manfaat yang bisa didapatkan, yakni perlindungan terhadap cedera hingga kematian yang dialami oleh pihak ketiga, serta penggantian kerusakan atas aset pihak ketiga.

3. Kapan aturan diberlakukan?

Pemberlakuan aturan mengenai asuransi TPL rencananya akan dimulai pada Januari 2025 mendatang. Saat ini, pemerintah sedang menyiapkan payung hukum terkait.

4. Apakah asuransi TPL dapat batal?

Saat ini, belum ada aturan pasti mengenai pembatalan asuransi. Namun, hal ini mungkin saja berlaku apabila kendaraan tidak dilengkapi dengan surat izin mengemudi yang sah hingga faktor lain seperti bencana alam dan peperangan.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo