Biaya Anti Karat Mobil Semahal Apa? Segini Kisaran Biayanya

meta icon

Biaya Anti Karat Mobil Semahal Apa? Segini Kisaran Biayanya

Memahami kisaran biaya anti karat mobil sangat penting untuk menjaga mobil Anda agar tetap awet, tak menurun nilai jualnya serta tak bising performanya.

Memahami biaya anti karat mobil sangat penting untuk memastikan perlindungan mobil Anda. Banyak keuntungan dari penggunaan anti karat ini dari segi visual, nilai jual kendaraan, keamanan dan biaya perawatan. Pada pembahasan kali ini, akan dijabarkan biaya pasang anti karat mobil.

Berapa Estimasi Biaya Anti Karat Mobil?

Tergantung dari mobil Anda, biaya untuk anti karat bisa saja cukup bervariasi. Sebagai teknisi otomotif, saya perlu menjelaskan kepada pemilik kendaraan akan perbedaan biaya dari metode dan jenis kendaraan. Jika menggunakan metode atau teknik lebih canggih, akan lebih mahal biayanya.

Memang metode pelapisan anti karat hampir sama untuk banyak tempat. Tapi bisa saja ada yang menyediakan cara lebih efektif dan efisien. Untuk lebih jelasnya, kita akan bandingkan biaya untuk jenis kendaraan berbeda:

1. Mobil MPV dan SUV

Untuk Anda yang mengendarai mobil MPV atau SUV, biaya anti karat pada kisaran 2,5 juta hingga 4 juta rupiah. Mobil tipe ini biasanya sering diandalkan untuk perjalanan jauh. Jika Anda mengendarainya seperti itu, maka sangat penting mengaplikasikan anti karat.

Baca Juga: Mau Cek Premi Asuransi Mobil? Yuk Coba Simulasi Premi Asuransi Mobil, Gratis!

2. Mobil Sedan dan Hatchback

Berbeda dengan mobil yang berukuran lebih kecil seperti sedan dan hatchback. Biaya anti karat untuk jenis kendaraan ini dari 1 juta hingga 2,5 juta rupiah. Apa pun itu jenis kendaraannya, aplikasi anti karat penting untuk menjaga performa kendaraan.

Harga tersebut bisa berbeda tergantung metode yang diterapkan dan lokasi coating. Lokasi untuk pengaplikasian anti karat bisa termasuk:

  • Pelapisan seluruh bodi mobil
  • Undercoating atau pelapisan bawah

Sementara cara pengaplikasiannya bisa dengan metode spray-on coatings, electronic rust protection, memakai bahan kimia tertentu dan sebagainya. Faktor lain yang bisa berpengaruh yaitu penyedia layanan terkait atau bengkelnya.

Apa Manfaat Anti Karat Mobil?

Biaya anti karat mobil bisa mencapai jutaan rupiah, lalu apa saja manfaatnya:

1. Memastikan Keawetan Mesin dan Body Kendaraan

Pada umumnya, kendaraan sudah dilapisi anti karat terlebih dahulu sebelum dijual. Tapi lama-kelamaan, lapisannya terkikis sehingga menjadi sangat tipis. Jika dibiarkan terus menerus, maka lapisan tersebut bisa hilang seutuhnya.

Jika sudah hilang, maka kemungkinan adanya karat pada mobil Anda akan semakin tinggi. Saat lapisan tersebut sudah hilang, harus dilapisi kembali supaya body dan mesin mobil Anda bisa anti karat kembali.

Penggunaan anti karat semakin penting saat Anda sering bepergian di area yang banyak airnya. Kalau sudah karatan, maka performa kendaraan bisa menurun dan berbagai dampak lainnya.

Baca Juga: Segini Biaya yang Kamu Keluarkan Untuk Turun Mesin Mobil

2. Membuat Suara Kendaraan Lebih Hening

Mengapa komponen kendaraan yang karat bisa menghasilkan suara bising? Ini dikarenakan gesekan dari bagian kendaraan yang karatan. Akan lebih parah lagi saat bagian yang berkarat tersebut adalah komponen mesin dan roda mobil.

Dengan performa kendaraan anti bising, maka Anda bisa lebih nyaman berkendara. Bukan hanya untuk kenyamanan saja, upaya ini bisa mencegah kemungkinan kecelakaan juga. Saat komponen mobil keropos atau bahkan patah, tentu bisa lebih memicu terjadinya kecelakaan.

Pemilik kendaraan perlu segera ganti bagian berkarat tersebut jika ingin berkendara tetap aman. Alih-alih harus keluar banyak uang untuk mengganti komponen, lebih baik mencegah karatan tersebut terjadi. Biaya anti karat mobil jauh lebih murah dari pada harus ganti spare part mobil.

3. Untuk Menghindari Penurunan Nilai Jual Kendaraan

Saat kendaraan Anda banyak komponen berkarat, bisa saja berpengaruh ke nilai jualnya. Pihak pembeli bisa saja berpikiran kalau kendaraan tersebut sering terkena banjir sehingga dianggap mudah rusak olehnya. Agar nilai jual tetap terjaga, pelapisan anti karat sangat disarankan.

Mengingat biaya untuk restorasi komponen mobil keropos karena karat bisa sampai puluhan juta, pelapisan anti karat sangat disarankan. Dengan pengaplikasian anti karat, mobil Anda bisa terjaga keawetannya, nilai jualnya tidak menurun dan performanya tanpa bising.

Pertanyaan Seputar Anti Karat Mobil

Apa perlu anti karat mobil?

Pelapisan anti karat sangat diperlukan untuk mobil supaya mencegah korosi pada komponen mobil. Kinerja mobil bisa tetap terjaga optimal dan bisa menghindari suara bising karena gesekan komponen berkarat.

Berapa lama anti karat mobil bertahan?

Umumnya lapisan anti karat kendaraan bisa bertahan 3 tahun tapi bisa lebih dari itu tergantung kualitasnya. Jika Anda keliru memilih pelapis atau cat anti karat, bisa saja ketahanan hanya berlangsung setahun saja atau bahkan kurang.

Kapan sebaiknya mobil diberi anti karat?

Setidaknya Anda perlu melapisi kembali mobil Anda dengan anti karat tiap setahun atau 2 tahun tergantung pemakaian mobil. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan yaitu iklim di daerah Anda dan intensitas terkena air.

Berapa biaya untuk membuat mobil anti karat?

Tergantung dari metode yang diterapkan, jenis kendaraan, maupun biaya pasaran jasa bengkel di daerah Anda. Untuk mobil kecil (sedan dan hatchback), biaya anti karat mobil mulai dari 1 juta-2,5 juta rupiah. Sementara untuk MPV/SUV berkisar antara 2,5 juta-4 juta rupiah.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo