Perlindungan Tambahan dalam Asuransi Kebakaran, Lebih Aman

meta icon

Perlindungan Tambahan dalam Asuransi Kebakaran, Lebih Aman

Perlindungan tambahan dalam asuransi kebakaran bisa menjaga aset Anda dengan lebih aman melalui cakupan yang lebih lengkap. Perusahaan asuransi menyediakan perlindungan tambahan seperti ini supaya pemegang polis bisa tetap aman meski sebabnya adalah bencana, unjuk rasa dan sebagainya. Yuk pahami lebih lanjut mengenai perlindungan ekstra dalam asuransi kebakaran.

Mengapa Harus Mengambil Perlindungan Tambahan dalam Asuransi Kebakaran?

Adanya asuransi kebakaran mampu membuat aset kita lebih terlindung terutama dari kemungkinan kebakaran. Produk asuransi yang satu ini mampu memberikan kompensasi serta perlindungan saat properti kita rusak karena kebakaran tersebut. Berbagai properti bisa masuk perlindungan asuransi ini seperti kantor, rumah, gudang, toko, apartemen dan sebagainya.

Asuransi kebakaran akan memberikan perlindungan terhadap kerugian karena ledakan, api kebakaran, maupun asap. Tapi selain perlindungan standar, ada yang namanya perlindungan tambahan pada asuransi kebakaran. Misalnya saja jika kebakaran dikarenakan gempa, banjir, karena unjuk rasa maupun kecelakaan kendaraan.

Baca Juga: Pentingnya Punya Asuransi Kebakaran, Punya Aset Jadi Lebih Tenang

Pada dasarnya, kegunaan dari asuransi kebakaran yaitu agar kita bisa mendapat pembayaran atas ganti rugi. Saat kebakaran terjadi pada aset terkait yang sudah kita asuransikan, maka perusahaan asuransi terkait membayar ganti ruginya. Nilai ganti rugi tersebut akan disesuaikan nilai pertanggungan.

Keuntungan dari asuransi kebakaran bukan hanya perlindungan akan kerugian dari kondisi asuransi kebakaran saja tapi preminya relatif terjangkau juga. Anda bisa leluasa memilih berbagai macam opsi detail produk asuransi kebakaran agar bisa sesuai kebutuhan perlindungan Anda.

Perusahaan terkait akan membayar ganti rugi berdasarkan nilai polisnya. Pemegang polis asuransi tidak harus lagi memikirkan dana besar yang harus dikeluarkan saat kebakaran terjadi. Maka dari itu, asuransi kebakaran ini merupakan solusi bijak untuk mereka yang punya properti berharga.

Jika Anda ingin mengambil polis asuransi kebakaran, maka Anda harus pahami setiap ketentuannya. Bukan hanya perlu memastikan perusahaan penyedia asuransi kebakaran terkait merupakan perusahaan terpercaya saja. Anda mungkin akan memerlukan perlindungan tambahan dalam asuransi kebakaran.

Baca Juga: Klaim Asuransi Kebakaran Sulit? Ternyata Ini Caranya, Mudah Loh!

Lalu mengapa Anda harus pertimbangkan perlindungan ekstra atau tambahan tersebut? Berikut alasannya:

1. Mendapatkan perluasan jaminan

Asuransi kebakaran dengan perlindungan tambahan berarti bukan hanya menyediakan jaminan standar saja. Asuransi tersebut mencakup lebih luas jaminan perlindungan. Misalnya saja risiko kerugian yang diakibatkan kerusuhan/unjuk rasa, tindakan terorisme, petir, banjir dan sebagainya.

2. Menanggung kerusakan tambahan

Selain jaminan yang bis diperluas, asuransi juga akan menanggung kerusakan tambahan. Asuransi ini akan menyediakan perlindungan ekstra terhadap kerusakan karena berbagai macam bencana alam. Jadi tanggungan kerusakan lebih meningkat karena faktor seperti kerusakan karena air, badai, perbuatan jahat dan sebagainya.

Selain beberapa alasan tersebut, tentunya masih ada berbagai alasan lain yang membuat perlindungan ekstra ini perlu dipertimbangkan. Intinya adalah Anda bisa melindungi berbagai aset Anda lebih baik dengan perlindungan tambahan dalam asuransi kebakaran.

Baca Juga: Ini Dia 6 Faktor Yang Mempengaruhi Premi Asuransi Kebakaran

Apa Saja Risiko yang Bukan Termasuk Perlindungan Asuransi Kebakaran Standar?

Ada hal lainnya yang perlu Anda pahami seputar asuransi kebakaran yaitu seputar apa saja aspek tertentu yang tidak termasuk dalam perlindungan. Dengan memahami hal ini, maka Anda tidak akan keliru dalam mencari tahu nilai pertanggungan. Dari pengalaman saya menggunakan asuransi kebakaran cakupan standar, berikut beberapa kerusakan yang tidak termasuk jaminan:

– Kelalaian sengaja oleh pihak tertanggung atas kejadian

– Aktivitas dari pihak tertanggung secara sengaja

– Kebakaran yang terjadi di area alang-alang, semak-semak dan area hutan

– Aktivitas sengaja dari orang atau pihak lain yang diketahui oleh pihak tertanggung

– Reaksi karena aktivitas nuklir

– Setiap gangguan bisnis

– Bencana alam

Meski cukup banyak poin yang tidak termasuk dalam perlindungan asuransi standar, tapi bisa masuk jaminan dengan perlindungan ekstra. Anda bisa ambil perluasan jaminan agar kerugian karena sebab di atas bisa diantisipasi dengan baik. Pengecualian jenis risiko bisa berbeda juga antar tiap perusahaan asuransi.

Maka dari itu, Anda perlu menelaah kembali ketentuan detail untuk layanan asuransi kebakaran yang ingin Anda ambil.

Apa Saja Contoh Cakupan Tambahan pada Asuransi Kebakaran?

Untuk lebih paham seputar perlindungan ekstra ini, Anda perlu tahu contoh-contohnya di lapangan yang lebih jelas. Kalau cakupan dari asuransi yang standar Anda rasa kurang cukup, maka Anda bisa pertimbangkan mengambil perlindungan ekstra. Saya termasuk yang pernah mengambil perlindungan tambahan dalam asuransi kebakaran.

Saya mampu mendapatkan tambahan perlindungan termasuk beberapa aspek berikut:

1. Perlindungan dari berbagai bencana alam

Bencana alam tidak bisa kita cegah untuk terjadi, tapi bisa kita cegah dampaknya dengan perlindungan ekstra ini. Dampak dari bencana alam itu sendiri bisa berbeda-beda tapi ada kalanya bisa merusak aset kita hingga kondisi sangat parah. Dengan cakupan tambahan, maka kerugian Anda akan diganti baik itu biaya penggantian maupun perbaikan aset karena bencana tersebut.

2. Perlindungan dampak kerusakan karena asap

Kerugian bisa disebabkan juga karena asap kebakaran. Hal ini bisa terjadi meski benda terkait tidak terbakar karena api. Dengan cakupan tambahan, maka kerusakan benda karena asap bisa diganti.

3. Cakupan perlindungan kerugian karena ledakan

Bagaimana ledakan bisa terjadi? Bisa karena gas yang bocor, listrik mengalami masalah dan sebab lain sebagainya. Dengan cakupan tambahan asuransi kebakaran, maka kerugian karena ledakan tersebut bisa didapat baik itu diganti maupun diperbaiki.

Jika Anda memilih untuk memperluas cakupan, maka Anda bisa mendapatkan perlindungan komprehensif untuk berbagai macam risiko. Anda pun bisa lebih tenang memikirkan aset-aset Anda karena perlindungan lebih memadai dibandingkan cakupan standar.

Ganti rugi pada asuransi kebakaran umumnya seputar kerugian karena nyala api, tapi bisa diperluas dengan perlindungan tambahan. Kemungkinan terjadinya kerugian bisa karena perbuatan jahat, huru-hara, atau kerusuhan. Dampak dari tindakan tersebut bisa dicegah dengan perlindungan tambahan dalam asuransi kebakaran.

Sama halnya dengan kerusakan bangunan karena tabrakan, pencurian, bencana, air sungai yang meluap, terorisme dan sebagainya.

Siapa Saja yang Memerlukan Asuransi Kebakaran?

Sebenarnya banyak kalangan yang membutuhkan asuransi kebakaran ini. Tapi akan semakin penting lagi untuk mereka yang tinggal di area padat penduduk. Misalnya saja Anda tinggal di area pemukiman padat atau komplek perumahan yang rumahnya dekat satu sama lain.

Jika terjadi kebakaran di area seperti itu, maka api bisa cepat menyambar ke bangunan di sekitar bangunan yang terbakar. Bukan hanya untuk lingkungan residensial saja, asuransi kebakaran sangat penting dipertimbangkan pemilik bisnis. Perlu Anda pahami polis untuk lingkup bisnis bisa berbeda untuk asuransi kebakaran ini.

Saat Anda mendaftar asuransi kebakaran, Anda harus mempelajari setiap ketentuan agar tidak salah memilih paket atau polis. Jangan lupa pelajari apa saja pengecualiannya dengan cermat, pilih yang paling sesuai kebutuhan Anda juga. Kebakaran harus diantisipasi dengan optimal karena Anda bisa saja kehilangan semua aset.

Dengan asuransi kebakaran, Anda tidak perlu khawatir meski Anda tidak berada di lokasi pada saat kebakaran terjadi. Anda tidak perlu memikirkan lagi kerugian maupun tempat tinggal sementara waktu setelah kebakaran terjadi. Sekian artikel seputar perlindungan tambahan dalam asuransi kebakaran, semoga bermanfaat.

Proteksi yang Sesuai untuk Kebutuhan Anda

MPMInsurance :
Protection, Advisory & Reliability

PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika atau MPMInsurance adalah anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk yang menjalankan kegiatan usaha di bidang asuransi umum (non-jiwa) sejak 12 Oktober 2012. MPMInsurance saat ini memiliki 18 kantor (Pusat, cabang, dan perwakilan) yang tersebar di seluruh Indonesia dan menyediakan beberapa produk asuransi; diantaranya seperti asuransi kendaraan bermotor (asuransi mobil, asuransi motor), asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi harta benda, asuransi konstruksi, asuransi uang, asuransi pengangkutan, dan asuransi rangka kapal. Pada 2022, MPMInsurance dinobatkan sebagai Asuransi Terbaik 2022 untuk Kategori Asuransi Umum dengan Aset di atas 1-5 Triliun Rupiah oleh Majalah Investor, dan mendapatkan Peringkat A+ dari Fitch Ratings Indonesia.

mobile logo